2019-04-12

MENTERI AGRARIA DAN TATA RUANG KUNJUNGI KP. GAYO

BPTP ACEH
...

Menteri Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia, Dr. Sofian A. Djalil, SH, MA, M.ALD. beserta rombongan tiba di KP. Gayo, Kabupaten Bener Meriah, Aceh (Kamis, 11/04/2019) untuk melihat tanaman kopi arabika varietas Gayo 1 dan Gayo 2 yang sudah mendunia dan beliau sangat terkesan dengan teknik pemangkasan dan pengelolaan hara tanaman kopi arabika. Beliau berharap agar peran aktif penelitian oleh BPTP Aceh terus dilakukan secara berkelanjutan   seperti teknologi pemupukan bio-kompos dan bio-urin yang telah dilakukan dan  segera mendiseminasikan ke petani agar cara pengelolaan kebun yang baik dan benar dapat     diadopsi oleh petani pekebun lainnya.

Kunjungan dilanjutkan ke kebun kopi milik bapak Maisir, tempat pohon induk tanaman Gayo 2 berada.  Kebun ini memiliki produktivitas 3-6 ton/ha/tahun. Penggelolaan kebunnya sangat baik, mulai dari cara pemangkasan hingga pemupukan yang benar.

Harapan Bapak Menteri kalau semua petani di kabupaten Bener Meriah seperti bapak Maisir, maka sudah pasti peningkatan kesejahteraan petani tercapai.

Plt. Bupati Bener Meriah, Tgk H. Sarkawi, menyampaikan program Pemerintah Daerah ke depan yang akan memberdayakan penyuluh guna mendampingi petani di setiap desa dalam pengelolaan kebun dan melakukan pelatihan-pelatihan di KP. Gayo BPTP Aceh. Sarkawi menambahkan kopi arabika di dataran tinggi Gayo  menganut kaidah organik. Problem sekarang  bagaimana upaya kita semua agar petani  mau dan mampu menggelola kebunnya dengan baik dan benar. "Saat ini produktivitas kopi arabika  di kabupaten kita hanya 850 kg green bean/ha/tahun, ini masih sangat rendah dibandingkan potensinya, untuk itu perlu penggelolaan hara  secara intensif baik berasal dari sisa gulma kopi yang dibersihkan, kulit gelondong merah, kulit tanduk dan pupuk kompos", jelasnya.

Ikut hadir pula Plt. Sekda Bener Meriah,  Khairun Aksa, SE, MM. beserta rombongan  dari Kabupaten Bener Meriah, juga didampingi  penyuluh dan teknisi pegawai KP. Gayo (Ishar/ Ramlan/F)

Unduh Berkas Disini
Sub Sektor : Kopi Arabika
Komoditas : Perkebunan
Teknologi yang Digunakan :
http://nad.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/info-aktual/1394-menteri-agraria-dan-tata-ruang-kunjungi-kp-gayo