2019-04-24

PENANAMAN CLUSTER PADI IP-300 DI INDRAPURI- ACEH BESAR  

BPTP ACEH
...

 

Selasa (23/4/2018). Pemerintah Aceh melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh melaksanakan program peningkatan indeks pertanaman (IP) padi di sawah dari rata-rata 1,6 kali menjadi 3 kali setahun atau yang lebih dikenal dengan IP-300 di Kecamatan Indrapuri dan Kuta Malaka Kabupaten Aceh Besar yang menjadi daerah percontohan (pilot project) untuk Aceh. 

Acara Pencanangan Penanaman Cluster Padi IP-300 dilakukan oleh Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Turut hadir Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Infrastruktur, Prof. Dr. Dedi Nursyamsi M.Agr, mewakili Menteri Pertanian Wali Nanggroe Malik Mahmud Al Haitar, Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayjen TNI Teguh Arif Indratmoko, Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali, anggota Forkompinda, Asisten II Setda Aceh, Kepala SKPA dan SKPK Aceh Besar, Kepala BPTP Aceh, serta undangan lainnya  di Desa Lam Ilie Mesjid Indrapuri Aceh Besar.

Dalam sambutannya Plt. Gubernur Aceh menegaskan bahwa harus ada upaya khusus untuk mengantisipasi penurunan produksi padi akibat penurunan luas lahan melalui program intensifikasi. Program ini juga harus memperhatikan aspek hilir agar diperoleh nilai tambah dari produksi yang dihasilkan.

Staf Ahli Menteri Pertanian Prof. Dr. Dedi Nursyamsi M.Agr menyampaikan bahwa untuk mendongkrak produktivitas padi sawah harus didukung oleh infrastruktur yang baik, inovasi teknologi dan pemberdayaan petani serta stakeholder lainnya.

Program ini sangat berpeluang utuk berhasil karena Aceh memiliki tanah yang subur dan air cukup tersedia.

Kegiatan IP-300 juga mampu mendongkrak sektor ekonomi di wilayah sekitar sebagai akibat dari peningkatan produksi yang signifikan.

Kadistanbun Aceh, Ir. A. Hanan, M.M dalam pengantarnya menyampaikan bahwa program padi IP-300 yang dilaksanakan pada lokasi seluas 500 ha ini berpotensi menghasilkan gabah setara dengan Rp. 60 milyar setahun. Selanjutnya A. Hanan mengatakan, bantuan lain yang diberikan kepada petani yang menjadi peserta penanaman perdana percontohan tanam padi cluster IP 300 ini, tanaman padinya diasuransikan.

Bupati Aceh Besar Mawardi Ali, mengharapkan agar kegiatan ini bisa menjadi role model dalam rangka meningkatkan pendapatan petani.

Kepala BPTP Aceh, Ir. M. Ferizal, M.Sc. menambahkan bahwa dalam mendukung progran IP-300 pihaknya melakukan pendampingan teknologi, dimulai dari pemilihan varietas padi hingga teknologi budidaya. Untuk itu maka BPTP Aceh melaksanakan demfarm di sekitar lokasi kegiatan seluas 5 ha dengan menerapkan paket teknologi Jarwo super full paket.  Diharapkan nantinya dapat menjadi model pengembangan IP 300 yang berkelanjutan. (Mirza/F).

Unduh Berkas Disini
Sub Sektor : Padi
Komoditas : Tanaman Pangan
Teknologi yang Digunakan : JAJAR LEGOWO
http://nad.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/info-aktual/1395-penanaman-cluster-padi-ip-300-di-indrapuri-aceh-besar