2020-04-18

PLOTING DAN PENGOLAHAN TANAH PADI GOGO PADA KEGIATAN KAJIAN TEKNOLOGI LARGO SUPER BERBASIS KAWASAN DI KABUPATEN PIDIE JAYA

BPTP ACEH
...

Meski saat ini wabah covid-19 telah menghentikan hampir sebagian besar aktivitas masyarakat, tapi "Pertanian tidak boleh berhenti", karena sektor ini turut menjaga hidup dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat, khususnya petani di pedesaan.

Untuk menjaga agar sektor pertanian tetap bergerak,  di tengah wabah covid-19 yang terus menghantui, kegiatan pengkajian teknologi largo super berbasis kawasan tetap terus dilanjutkan. Largo Super merupakan inovasi-inovasi teknologi dari Balitbangtan untuk lahan kering yang telah diformulasikan sehingga menjadi teknologi terintegrasi. Largo berasal dari kata Larikan Gogo yang merupakan sistem tanam di lahan kering secara larikan. Larik Gogo (LARGO) adalah terobosan teknologi budidaya padi gogo dengan merekayasa jumlah populasi tanaman per hektar, minimal 200.000 rumpun dengan menerapkan cara tanam jajar legowo. Model ini mengikuti keberhasilan sistem tanam jajar legowo super (Jarwo Super) yang sudah terlebih dahulu dikembangkan untuk lahan sawah yang  bertujuan untuk mendapatkan hasil maksimal dalam upaya mendukung peningkatan produksi padi nasional. Sistem tanam largo terus dikembangkan dengan penambahan beberapa komponen teknologi sehingga dihasilkan inovasi sistem tanam LARGO SUPER yang komponen teknologinya meliputi penggunaan varietas unggul padi gogo yang potensi hasilnya tinggi, pemberian biodekomposer, pemberian pupuk hayati dan pemupukan berimbang, pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT) secara terpadu dan penggunaan alat mesin pertanian terutama untuk tanam dan panen.

Kegiatan ploting dan pengolahan tanah untuk padi gogo pada kegiatan Kajian Teknologi Largo Super Berbasis Kawasan harus tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesesehatan di tengah pandemi Covid 19. Kegiatan ini dilaksanakan di Kabupaten Pidie Jaya, Kecamatan Bandar Baru dengan luas lahan 8 ha yang berlokasi di dua desa yaitu Desa Baroh Musa dengan luas (5 ha) dan desa Sarah Panyang) (3 ha) . Komponen teknologi Largo Super yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu menggunakan varietas unggul Inpago 8 dan Inpago 9, aplikasi Biodekomposer 4 kg/ha, menggunakan pupuk hayati Agrimeth yang dicampurkan pada benih sebelum tanam dan pemupukan hara spesifik lokasi berdasarkan hasil uji PUTK. (Idawani/F)

Sub Sektor : Padi
Komoditas : Tanaman Pangan
Teknologi yang Digunakan : LARGO SUPER
https://www.facebook.com/acehbptp/posts/1360397740837802