2020-07-17

WALIKOTA BANDA ACEH APRESIASI INOVASI TEKNOLOGI EUCALYPTUS BALITBANGTAN

BPTP ACEH
...

Dalam rangka mendiseminasikan produk Eucalyiptus Balitbangtan, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Aceh menyerahkan paket produk Eucalyiptus Balitbangtan di Pendopo Walikota Banda Aceh (jum'at, 16/7/2020). Walikota Banda Aceh Bapak H. Aminullah Usman, SE.AK, MM menerima paket Eucalyptus Balitbangtan yang didampingi oleh Kadis Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Banda Aceh Ir. Zulkifli Syahbuddin, MM.

Walikota Banda Aceh Aminullah Usman sangat mengapresiasi inovasi Balitbangtan berupa Kalung, Inhaler dan Roll On Eucalyptus. Setelah membuka dan merasakan aroma terapinya merasa yakin manfaat herbal ini dan berharap semoga bermanfaat untuk masyarakat luas serta berkeinginan memesan/membeli produk tersebut lebih banyak lagi untuk seluruh staf dan keluarga.

Kepala BPTP Aceh M. Ferizal menyampaikan informasi mengenai proses inovasi produk eucalyptus yang dikembangkan oleh peneliti Balitbangtan, Kementerian Pertanian. Produk berbasis eucalyptus ini kemudian dikembangkan dalam bentuk inhaler, roll on dan kalung.

Pada kesempatan itu, kepala Balai juga menyampaikan bahwa Balitbangtan memiliki berbagai UPT dengan sejarah penelitian yang panjang seperti Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat- obatan (Balittro), Balai Besar Obat di Balai Besar Litbang Pascapanen dan Balai Besar Litbang Veteriner.

Saat awal pandemi, Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) yang memiliki mandat melakukan penelitian bidang tanaman rempah, obat dan atsiri sudah menginventarisir beberapa tanaman potensial sebagai peningkat imunitas dan juga antivirus. Data ini diperoleh baik dari hasil-hasil penelitian selama hampir 40 tahun Balittro berdiri ataupun dari publikasi ilmiah. Ada sekitar 50 tanaman yang diidentifikasi, dan lebih 20 yang sudah diekstraksi dan diketahui bahan aktifnya.

Disampaikan juga bahwa Badan Penelitian Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah melakukan penandatangan MOU dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Penandatangan ini bertujuan untuk kolaborasi penelitian lanjutan tanaman obat sebagai kandidat anti-virus dan obat. Dalam kesempatan ini, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan bahwa kerja sama ini menandakan bahwa hasil penelitian Balitbangtan sepenuhnya akan diserahkan kepada IDI untuk dilakukan uji klinis dan riset-riset lainnya sesuai dengan prosedur yang ada.

#SalamAgroinovasi

#InovasiTiadaHenti

#kalungeucalyptus

Sub Sektor : Eucalyptus
Komoditas : Perkebunan
Teknologi yang Digunakan :
https://www.facebook.com/acehbptp/posts/1433274646883444